Kamis, 13 Desember 2012

AGAR SELALU DI TOLONG ALLAH

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Assalamu 'alaikum warohmatullahi wabarokatuhuu

AGAR SELALU DITOLONG ALLAH


   Dari seluruh umat manusia didunia ini, pasti pernah mendapatkan kesulitan dalam menjalani cobaan. Sehingga bersedih, kecewa, sakit hati, dan tak tahu apa yang ingin diperbuatnya. Sampai-sampai mereka rela mengakhiri kehidupannya demi mengakhiri kesulitan yang dialaminya atau cobaan yang sedang dijalaninya. Padahal Allah sangat membenci orang yang menyiksa dirinya sendiri alias bunuh diri.

     Diriwayatkan dari Tsabit bin Al Dhahhak ra. : Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, "siapapun yang dengan sengaja bersumpah palsu bahwa agamanya bukan islam, maka ia adalah sebagaimana yang ia katakan. Dan siapa pun yang membunuh dirinya sendiri dengan sepotong besi, di Neraka ia akan diazab dengan benda yang sama".

      Diriwayatkan dari  Jundab ra. : Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, "seorang laki-laki terluka dan bunuh diri, maka Allah berkata "hamba-Ku mendahului-Ku dengan membunuh dirinya sendiri maka Aku haramkan surga untuknya"".

     Nah, ketika mendapat musibah, maka janganlah sekali-kali mencoba untuk bunuh diri, karena bunuh diri itu diharamkan masuk ke Surga dan tempatnya adalah Neraka.

     Lantas apakah yang harus kita lakukan ketika mendapat musibah, masalah, dan cobaan?


     Yang harus kita lakukan ketika mendapat musibah, masalah, dan cobaan adalah SELALU MENGINGAT DAN TAAT PADA ALLAH SERTA SELALU BERDOA. Dalam surah Al-Baqarah ayat 152 mengatakan bahwa :


فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ


     Yang artinya : "karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku akan ingat kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari-Ku"

     Dari ayat tersebut, jelas bahwa ketika kita mendapatkan masalah, maka berdoa dan  ingatlah kepada Allah niscaya Allah akan menolong kita. Kenapa? pertolongan Allah itu sangat dekat kepada kita. Dalam surah Al-Baqarah ayat 214 yang berbunyi :


أَمْ حَسِبْتُمْ أَن تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَأْتِكُم مَّثَلُ الَّذِينَ خَلَوْا مِن قَبْلِكُم مَّسَّتْهُمُ الْبَأْسَاءُ وَالضَّرَّاءُ وَزُلْزِلُوا حَتَّى يَقُولَ الرَّسُولُ وَالَّذِينَ ءَامَنُوا مَعَهُ مَتَى نَصْرُ اللهِ أَلآَ إِنَّ نَصْرَ اللهِ قَرِيبُُ    


Artinya :"Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, pada-hal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh mala-petaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya, 'Bilakah datangnya pertolongan Allah?' Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat."

     Selain itu, Allah tidak akan memberikan cobaan terhadap umatnya yang melampaui batas  kemampuannya. Allah hanya memberikan cobaan sesuai dengan kemampuan seseorang itu. Nabi yang diberi cobaan yang luar biasa dan begitu dahsyat dia mampu menjalani cobaan tersebut dengan kesabaran yang luar biasa. Karena Ia tahu bahwa Allah memberikan cobaan kepadanya tanpa melampaui batas.


 
لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ


Artinya : Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir".


     Apabila anda ingin hidup bahagia, ada 5 kesiapan yang harus dimiliki Yaitu :
  1. Siap menjalani hidup yang tidak mulus
  2. Siap mejalani peristiwa yang tidak diharapkan
  3. Siap dibenci orang lain
  4. Siap tidak terlalu mencintai benda atau manusia lain
  5. Siap hanya bergantung kepada Allah

      Mudah-mudahan dengan adanya artikel ini kehidupan kita semakin baik dan menjalani cobaan dengan taat dan selalu mengingat Allah dan jangan lupa untuk selalu berdoa kepada-Nya. Serta selalu mengikuti perintah Allah dan menjauhi segala larangannya. Dan mudah-mudahan pula kita selalu mendapatkan pertolongan dari Allah dimanapun dan kapan pun. Aamiin.


Wassalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuhuu

Sumber : Al-Quran Online
                 Hendra Setiawan

0 komentar:

Posting Komentar

 

About

Site Info

Hidup itu Indah Copyright © 2009 Template is Designed by Islamic Wallpers